ketahui Langkah Kerja Relay 5 Kaki 12 Volt Simpel Untuk Pemula


Langkah kerja relay 5 kaki 12 volt dengan simpel kerja jadi saklar dalam satu instalasi listrik. Relay yang sekarang berada di market dapat dipakai pada serangkaian AC atau DC sesuai panduan penggunaan serta pemakaiannya. Umumnya, pada relay tercatat tipe relay itu apa untuk listrik AC atau listrik DC. Sekarang, ada relai dengan share bentuk serta ukuran. Akan tetapi, untuk lebih gampang umumnya dibedakan berdasar jumlahnya kaki ikhlas yang ada.

Untuk relay 5 kaki, tiap kaki relay akan memeliki code yang umumnya diikuti dengan angka untuk memperbedakan peranan kaki relay itu. Tiap kaki relay akan punya peranan yang berlainan di antara satu serta yang lain. Hingga jika berlangsung pemasangan kaki dengan komposisi yang berlainan maka membuat peranan relay jadi berlainan juga. Brand relay 5 kaki 12 volt benar-benar bermacam, seperti Bosch, Hella, serta Avital. Ketidaksamaan brand akan memastikan kualitas serta harga saja bukan pada peranan manfaatnya.

Langkah kerja relay 5 kaki 12 volt benar-benar dipastikan oleh keadaan tempat saklar tersebut. Untuk tempat saklar sendiri, kita kenal 3 tempat sesuai jalinan yang berlangsung. Tempat pertama ialah NO (Normally Open) pada pisisi ini relay mendapatkan tegangan daripada elektromagnetnya. Tempat ke-2 ialah NC (Normally Close) dimana relay tidak mendapatkan tegangan. Tempat ke-3 ialah CO (Change Over) yakni tempat dimana berlangsung sumber tegangan diputus serta diberi pada kumparan elektromagnet di relay.

Langkah pasang relay 5 kaki 12 volt akan memastikan arus yang berlangsung pada piranti elektronik yang akan memakai relay ini. Karenanya, pemasangan relay harus sesuai keperluan. Tidak hanya langkah pasang, kemampuan relay juga memastikan jika relay dapat kerja serta berperan secara baik. Karenanya, benar-benar dianjurkan untuk beli relay sesuai kemampuan yang diperlukan. Untuk lakukan pemasangan, kita dapat sesuaikan dengan code yang berada di kaki relay seperti berikut.
  • Code 30 pada kaki relay sebagai pemberi tanda jika kaki itu langsung dipasang ke sumber listrik yakni AKI.
  • Code 85 pada relay umumnya akan dipasang pada bodi mobil, untuk pemasangan kaki dengan code ini, kita cukup menyambungkan dengan baut yang menancap pada bodi.
  • Code 86 pada relay umumnya akan disambungkan dengan kabel positif paling dekat dimana relay dipasang, kabel positif dapat kita sambung dari klakson atau lampu mobil.
  • Kabel 87 adalah kabel yang akan keluarkan arus saat relay dipakai arus yang dibuat dapat adalah arus positif atau negatif sesuai pemasangan kaki 30 serta 85 serta 86.
  • Kabel 87a jadi kaki ke 5 punya peranan yang sama dengan dengan code kaki 87 tetapi kaki ini akan berperan kebalikan, yakni saat code 87 tidak ada arus karena itu code 87a akan punya arus.

Langkah kerja relay 5 kaki 12 volt dengan simpel akan dipastikan oleh pemasangan kaki-kakinya pada instalasi listrik. Karenanya, jika kita beli relay serta nyatanya waktu dipasang tidak cocok keinginan, seharusnya kita cek kembali apa kaki relay sudah dipasang dengan pas. Benar-benar dianjurkan untuk menempatkan relay sesuai dengan kemampuan yang diperlukan supaya instalasi listrik dapat aman. Pemasangan relay di bawah kemampuan arus akan membuat relay cepat panas serta kabel meleleh atau gosong.

Desember 30, 2019 - tanpa komentar